top of page

Tips Jitu Lead Generation Untuk Bisnis Online


Berbicara soal bisnis online untuk pemenuhan kebutuhan barang atau jasa, tentu yang harus Anda pikirkan adalah apa strategi pemasaran online yang tepat. Berbagai tools yang bisa digunakan dalam bisnis online, namun yang wajib dimiliki adalah sebuah website.

Website dibuat untuk dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh target audiens. Nah, bagaimana cara agar Anda bisa menghasilkan konversi dari setiap audiens yang mengunjungi website dan bagaimana Anda mendapatkan potensial konsumen yang biasa dikenal dengan lead generation.

Berikut beberapa tips-nya untuk Anda:

  • • Subscription matters

Sebuah website dapat menjadi identitas dari sebuah brand. Dimana sifatnya harus informatif dan interaktif. Navigasi harus dibuat sesederhana mungkin terutama untuk menuju form subscribe. Tidak lupa, konten yang tercantum dalam website harus disesuaikan dengan target audiens. Harus memiliki relevansi serta mampu membuat audiens merasa membutuhkan konten tersebut agar terjadi kunjungan yang berulang. Penting juga untuk membuat konten penawaran untuk menarik audiens mengisi form subscribe. Buat tampilan atau konten yang bisa membuat audiens se-reflex mungkin mencantumkan email mereka.

Kumpulan email audiens Anda dapat digunakan sabagai tujuan dari email marketing. Dalam email marketing tersebut Anda dapat memberikan sebuah tawaran yang berguna bagi audiens, informasi menarik, atau untuk mem-follow up seberapa banyak lead generation yang didapat. Rentang waktu untuk follow up sebaiknya adalah 3 – 4 hari setelah audiens put-in email mereka. Email marketing bertujuan untuk mendapatkan perhatian audiens agar brand Anda menjadi lebih dikenal publik.

  • • Content marketing

Untuk dapat memaksimalkan lead generation, Anda harus bisa menciptakan traffic ke website Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan secara konsisten membagikan informasi dalam bentuk artikel atau blog yang bisa ikut disertakan dalam website Anda. Sehingga bila target audiens mencari kata kunci yang berkaitan dengan artikel yang tercantum pada website, secara otomatis website Anda juga akan muncul. Jika Anda dapat menyuguhkan informasi yang relevan dengan brand Anda, kenapa tidak audiens akan menjadikannya sebagai sebuah acuan.

  • • Participate in discussion forums

Forum diskusi adalah tempat yang tepat untuk bertukar pikiran. Melalui forum diskusi Anda dapat menghasilkan lead dari hasil diskusi atau percakapan yang terjadi antara Anda dengan puluhan hingga ratusan audiens yang berbeda. Forum diskusi seperti Kaskus, dan juga grup Facebook akan membantu Anda menemukan insight dari target audiens Anda. Bukankah ini cara yang mudah dan sederhana untuk mendapatkan lead generation langsung dalam jumlah banyak?

Untuk mendapatkan lead generation yang berkualitas, Anda harus menyeimbangkan antara inbound dan outbound. Inbound adalah bagaimana cara Anda memunculkan diri agar potensial konsumen dapat dengan mudah menemukan Anda. Sedangkan outbound adalah bagaimana cara Anda secara proaktif menjemput bola.

Kedua hal ini dapat dilakukan dengan rencana budget yang tidak mahal dan cara yang sederhana. Data menyebutkan (sebesar 45%) biaya untuk mendapatkan lead genaration melalui website tidak banyak mengalami kenaikan hingga tahun 2012. Sedangkan 29% menyatakan terjadi kenaikan biaya.

Dengan demikian, Anda tidak perlu takut untuk menggunakannya secara berkelanjutan.


Recent Posts
Follow Us
  • Twitter Social Icon
bottom of page