4 Hal tentang email marketing

Dalam bisnis, penting untuk selalu dapat terkoneksi dengan audiences. Agar mereka tidak mudah lupa dengan brand Anda dan yang terpenting adalah memberikan value add bagi konsumer Anda.

Salah satunya adalah dengan email marketing. Berikut beberapa tips untuk email direct marketing:

  • Tidak semua sama

Bisnis Anda mungkin punya berbagai macam konsumen. Masing-masing dari mereka memiliki pola pikir, kebiasaan, serta kebutuhan yang berbeda-beda. Misalkan saja bisnis Anda adalah sebuah e-commerce, segmen anak muda dengan orang tua yang sudah memiliki cucu tentu sangat berbeda.

Nah karena itu maka dari cara penulisan, messaging serta template yang Anda gunakan untuk email marketing harus berbeda juga dan disesuaikan dengan gaya dari target konsumen Anda.

  • Buat Konsumen Anda merasa spesial

Dalam mengumpulkan database konsumen Anda, semakin lengkap, semakin baik. Dalam arti - tidak hanya informasi kontak saja, tetapi juga data diri. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memberikan customized email direct marketing. Misalnya saja, saat konsumen Anda berulang tahun, mungkin Anda bisa memberikan discount untuk produk dan servis Anda.

  • Engaging content penting

Sedang sibuk ataupun santai, konsumen tidak akan suka membaca deretan tulisan yang berjubel, hanya akan dilewati saja oleh mereka. Oleh karena itu, sebaiknya buat konten email yang eye catchy.

Bagaimana caranya? Anda bisa memulai dengan penggunaan judul subjek email yang dapat menarik konsumen agar mau membuka email tersebut lebih dulu. Penggunaan gambar dengan tulisan memiliki perbandingan 50:50. Dimaksudkan agar konsumen tidak merasa boring dengan tulisan saja, namun juga pesan yang ingin Anda sampaikan dapat tercapai.

Jika ingin agar tidak terlihat terlalu banyak tulisan, Anda bisa juga menambahkan link “read more” dan konsumen bisa membacanya di waktu luang mereka. Tidak ketinggalan untuk membuat opening yang to the point.

  • Pilih waktu yang tepat

Pemilihan waktu yang tepat menjadi kunci utama. Hal ini merupakan permainan strategi agar keberhasilan tercapai. Kapan waktu yang tepat? Survei bisa dilakukan untuk mengetahui jawabannya. Berulang kali Anda melakukan pengiriman email, hasilnya akan dapat terlihat.

Hasil survei yang dikutip dari laman startupbisnis.com menunjukkan hasil bahwa waktu terbaik untuk mengirimkan email marketing adalah pukul 3:00 sore di hari Minggu. Ini akan meningkatkan open rate sebesar 13.5% untuk pukul 3:00 sore, dan meningkatkan clickthrough rate sebesar 23.2% untuk hari Minggunya.

Pada intinya, yang penting adalah selama konsumen Anda menganggap bahwa email marketing Anda membawa value, mereka pasti tidak keberatan. Bagaimana, apakah Anda punya tips lain?


Recent Posts
Follow Us
  • Twitter Social Icon