Ramadhan Tiba, 4 Tips untuk Brand Anda

Bulan Ramadhan telah mengetuk pintu dan bagi umat Muslim, bulan ini memberikan euforia tersendiri. Dan sebagai Brand, Anda juga harus tahu bagaimana 'culture' dan kebiasaan dari bulan ini. Seperti layaknya marketing atau PR campaign yang berhubungan dengan hari atau bulan khusus seperti Ramadhan, Hari Natal atau Tahun Baru, hari Ibu, seluruh program yang Anda buat harus sesuai dengan tema dan culture tersebut.

Lalu, bagaimana bisnis Anda dapat memanfaatkan bulan ini untuk menambah omzet bisnis?

  • Pilih 'Hero Product' yang sesuai

Setiap bisnis sering mempunyai variasi produk. Tapi Anda juga harus tahu bagaimana memilih hero product yang sesuai dengan tema 'campaign' Anda. Misalnya Anda bergerak di bidang e-commerce atau supermarket yang mempunya segudang produk. Di bulan Ramadhan ini, mungkin Anda bisa memilih produk-produk yang bernada Islami untuk jadi 'Hero Product', misalnya: perangkat ibadah, baju Muslim, dsbnya.

  • Jangan terlalu fokus pada 'hard sell'

Ingat, hard sell mungkin bisa membuat konsumen membeli produk Anda; tapi belum tentu dapat memenangkan hati dan loyalitas mereka.

Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Islam. Karena itu, sesuaikan tema dan cerita Anda dengan nuansa Ramadhan. Anda bisa lebih fokus 'angle' cerita Anda dengan cerita-cerita yang menyentuh, bernuansa Islami atau kemanusiaan dan bahkan dapat mengajak umat Muslim untuk berbuat baik.

  • Cari waktu yang tepat

Selama ini mungkin Anda sering menge-post di social media di pagi, siang dan malam. Untuk bulan Ramadhan, ritme sehari-hari orang berubah. Nah, jadikan Anda di posisi mereka. Jika di bulan Ramadhan, apakah Anda akan masih mengecek social media Anda di waktu yang sama atau Anda jadi lebih aktif di Path/ Facebook ketika sahur dan menjelang buka puasa?

  • Performance matters

Kesemua hal di atas tidak lengkap bila tidak didukung oleh performa yang baik dari bisnis itu sendiri. Misalnya, situs belanja online Anda sangat mengandalkan kekuatan sistem dan jaringan. Jangan sampai hal tersebut menjadi penghalang bagi konsumen Anda. Meningkatnya kunjungan ke alamat situs bisnis Anda membuat jaringan lebih sibuk dari biasanya. Sehingga membutuhkan dukungan performa yang mumpuni agar tidak menyusahkan konsumen.

Bagaimana, sudah siapkah bisnis Anda menyambut Ramadhan ini? Remember, a good preparation leads to a better outcome!

Ingin PR/ marketing professional support? Contact us!


Recent Posts
Follow Us
  • Twitter Social Icon